Minggu, 25 Desember 2011

EKOSISTEM


By : Kelompok 9 ( Tina, Nuris )

Dalam presentasi ini pemateri menyampaikan beberapa materi diantaranya adalah :
1.      Pengertian ekosistem
2.      Sistem tertutup dan sistem terbuka
3.      Steady state
4.      Struktur dan fungsi komponen ekosistem
a)  Komponen abiotik
b)  Komponen biotik
c)  Produser
d)  Konsumen
e)  Pengurai
5.      Aliran energi
6.      Siklus biogeokimia
7.      Produktivitas dan daya dukung
8.      Proses-proses dasar dalam produktivitas primer
9.      Metode penentuan produktivitas primer
10.  Produktivitas berbagai ekosistem
Ekosistem adalah suatu sistem ekologi yang terbentuk oleh hubungan timbal balik yang tidak terpisahkan antara makhluk hidup dengan lingkungannya. Ekosistem bisa dikatakan juga suatu tatanan kesatuan secara utuh dan menyeluruh antara segenap unsur lingkungan hidup yang saling memengaruhi. Ekosistem merupakan penggabungan dari setiap unit biosistem yang melibatkan interaksi timbal balik antara organisme dan lingkungan fisik sehingga aliran energi menuju kepada suatu struktur biotik tertentu dan terjadi suatu siklus materi antara organisme dan anorganisme

Dalam presentasi ini mahasiswa yang bertanya adalah :
1.      Bahrul
Apakah aliran energi dalam ekosistem tersebut bisa hilang? Dan apa dampaknya?
Jawab : Aliran energi dalam ekosistem tidak dapat hilang melainkan dapat berkurang. Apabila rantai makanan terputus aliran energi tidak dapat hilang melainkan dialihkan ke yang lain, dan dampaknya akan terjadi ketidak seimbangan alam.
2.      Ulfa
Apakah metode penentuan produktivitas primer saling berkaitan atau tidak?
Jawab : Metode tersebut saling berkaitan, karena metode-metode ini saling berkaitan satu dengan yang lainnya.


 Pada kelompok 9 pada presentasi ini pemateri cukup baik dalam penyampaian materinya tetapi terkadang masih terkesen lebih membaca dari pada menjelaskan isi dari materi yang dipresentasikan. Sedangkan untuk audiencenya sama dengan presentasi sebelumnya yang lebih banyak berbicara sendiri dari pada memperhatikan pemateri. Seharusnya audience lebih memperhatikan pemateri dari pada berbicara sendiri sehingga pemateri tidak perlu mengulang apa yang telah ia sampaikan didepan dan lebih merespon apa yang disampaikan oleh pemateri sehingga pada kelompok 9 hanya 2 orang saja yang bertanya.  Untuk presentasi selanjutnya diharapkan audience lebih memperhatikan pemateri yang didepan jangan berbicara sendiri, kasihan yang didepan menerangkan tetapi kita tidak memperhatikannya sehingga terkesan berbicara sendiri tanpa ada yang mendengarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar